Tips tembus Perguruan Tinggi Negeri

Masuk ke perguruan tinggi negeri setelah lulus SMA (Sekolah Menengah Atas) tentunya menjadi tujuan sekaligus impian para siswa. Dan ternyata hal tersebut tidaklah segampang pemikiran kita, untuk bisa diterima secara sah di Perguruan Tinggi Negeri ternyata pihak unversitas di Indonesia memberlakukan sistem seleksi yaitu lewat prestasi/raport (jalur undangan), dan lewat ujian tulis (SBMPTN).

Adapun tujuan admin membuat postingan ini adalah untuk memberikan kepada kalian tips lulus sbmptn ke depannya, sedikit banyak mungkin akan sangat bermanfaat bagi kalian semua calon mahasiswa baru. Yuk langsung saja dilihat tulisan berikut ini.

sukses sbmptn
sbmptn

1. Prioritas Soal

Penilaian hasil ujian masuk PTN lazimnya menggunakan ketentuan: jika benar, point-nya +4, jika salah, pointnya -1 dan 0 point jika tidak menjawab. Betul bukan? Dengan sistem penilaian seperti itu, kerjakanlah materi ujian yang paling dikuasai, kemudian materi ujian yang tingkat penguasaannya di bawahnya dan seterusnya. Sedangkan materi ujian yang tidak bisa, tidak usah dikerjakan. Misalnya, untuk kelompok ujian IPS. Hari pertama, materi yang diujikan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika kalian merasa yang paling bisa adalah Bahasa Inggris, kerjakanlah terlebih dahulu. Kemudian materi ujian yang di bawahnya, misalnya Bahasa Indonesia yang tingkat penguasaannya di bawah Bahasa Inggris, dan seterusnya. Kalau saya dulu mengerjakan Bahasa Inggris terlebih dahulu karena merasa lebih bisa dibanding Bahasa Indonesia dan Matematika. Kemudian kerjakan Bahasa Indonesia, dan terakhir Matematika hanya dikerjakan 5 dari 25 soal.

2. Perbanyak Latihan Soal dan Try Out

Coba kalian amati dan perhatikan baik-baik. Soal-soal masuk PTN dari tahun ke tahun nyaris sama. Polanya kurang lebih juga sama. Bahkan tidak sedikit yang sama persis. Terus perbanyak latihan soal. Jangan pelit untuk membeli buku soal-soal persiapan masuk PTN.

Pengalaman saya, soal-soal latihan tahun-tahun sebelumnya nyaris 85% keluar diujian.

Selain itu, jangan lupa untuk ikut try out. Menjelang ujian masuk PTN banyak lembaga dan sekolah yang mengadakan try out. Janga ragu untuk ikut try out guna mengasah kemampuan kalian sekaligus mengetahui kelemahan dan kelebihan kalian pada masing-masing mata pelajaran. Pelajaran yang sudah lumayan dikuasai, terus dimantapkan sedangkan pelajaran yang masih setengah-setengah harus dan wajib bin kudu dipelajari lagi.

Ingat! Seorang petarung tidak hanya melulu belajar namun juga harus bertanding untuk menambah jam terbang, mengukur kemampuan dan kepercayaan diri.

Seperti yang saya bilang di atas, anggaplah kalian ini seorang atlet yang akan bertanding. Seorang atlet selain harus terus berlatih mengasah kemampuan juga harus bertanding di turnamen-turnamen untuk melatih mental dan mengukur kemampun.

3. Konsisten dan Disiplin

Tentukan berapa jam kalian bisa belajar setiap harinya. Masing-masing dari kalian bisa tentukan sendiri. Berapapun banyaknya jam untuk belajar, yang terpenting adalah konsisten dan disiplin. Belajar 2 – 3 jam per hari namun konsisten setiap hari, jauh lebih baik daripada belajar 15 jam tapi cuman sehari dua hari saja.

Selingi juga dengan hari libur yang bisa kamu jadual sendiri. Misalnya hari jumat. Hari pendek yang bisa dibuat untuk refreshing melepas letih dan penat. Jadinya tidak boring.

4. Berdoa

Bagian terakhir, tentu saja berdoa. Selain kalian sendiri berdoa, minta doa dari orang lain terutama orang tua. Ingat! Kita manusia hanya mampu berusaha namun Tuhan yang menentukan segalanya. Mintalah pada-Nya agar diberi hasil yang terbaik.

kompasiana.com

2 Responses to "Tips tembus Perguruan Tinggi Negeri"

  1. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari DOLLAR online secara mudah tanpa modal dan legal modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama STEAM gift card, Gems COC, Diamond Get Rich, Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode BU98771
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard?

    ReplyDelete